RENUNGAN SINGKAT - SELASA, 28 Juni 2022

RENUNGAN SINGKAT

"Yesus bangun, menghardik angin dan danau, maka danau

menjadi teduh sekali"  Mat 8:23-27

 

 

Selamat datang kembali di renungan singakt Paroki Santo Petrus Palembang.

Saudara-saudari yang terkasih dalam Yesus, beberapa maksud manusiawi dalam kultural kehidupan yang menjadikan kita untuk terus percaya akan sesuatu yang mustahil, menjadikan kita  memiliki berbagai pertimbangan dan keresahan yang selalu berdampingan dalam melewati hal tersebut, bukan ?

“Yesus bangun, menghardik angin dan danau, maka danau menjadi teduh sekali.” Mat 8-23-27.

Tentu dari bacaan injil diatas kita sudah mengetahui, kisah apa yang diangkat dalam Injil hari ini. Dalam kisah ini Yesus menegur para murid yang merasa resah dan tak tau apa yang harus mereka lakukan untuk menyelamatkan mereka, dari badai yang mereka lewati. Tentu, dalam kedaan seperti ini, ketakutan dan kepercayaan merupakan implikasi yang berbeda. Disaat kita merasa percaya untuk tetap baik-baik saja, tentu kita takut akan risiko yang akan diperoleh, dan juga sebaliknya demikian.

Dengan hal ini juga, Yesus menegur para murid akan ketakutan mereka dengan memberikan solusi akan badai yang menimpa mereka. Yesus berkata “mengapa kamu takut ? apakah kamu kurang percaya?. ”

Ketidakpercayaan tentu menjadi implikasi yang kerap kaitannya dengan ketakutan. Para murid tidak percaya karena mereka takut akan suatu hal yang menimpa mereka. Ketakutan melemahkan iman mereka, tanpa adanaya sumber yang memberikan jalan keluar pada suatu masalah.

Untuk saat ini, Yesus kembali hadir dan memberikan muzizat yang membuat para murid menjadi kebingungan atas ketidakpercayaannya, yang mana Yesus meredakan badai dalam waktu sekajap.

Tentu dari hal ini, dapat kita ambil kesimpulan bahwa, kita sebagai manusia menjadi percaya dan tidak percaya merupakan sebuah pilihan. Namun untuk tetap  teguh pada Iman kita, itu merupakan sebuah kewajiban.  Kepercayaan bahwa Yesus selalu ada bersama dengan kita dan membantu akan segala kesusahan kita, tentu tidak mudah untuk terjadi, namun dengan hal ini juga Yesus mengingkan kita untuk tetap menunggu dan percaya.

Dengan ini, lantas apakah kita akan percaya kepada-Nya, dan menghilangkann rasa takut itu ?

 

 

 

Style Selector

Layout Style

Predefined Colors

Background Image