Surat Cinta Pastor Paroki

No. 084/Sto.Pet/Plg/XI/21

Hal Memaknai Adven 2021

 

Inkarnasi: "Solidaritas Allah bagi Manusia"

 

Ytk. Warga Paroki dan Simpatisan

Paroki Santo Petrus Palembang

 

Salam sejahtera bagi Anda sekalian,

 

Masa adven yang kita nantikan telah tiba. Masa ini merupakan kesempatan yang penuh rahmat bagi kita untuk mempersiapkan diri menyambut perayaan kelahiran Tuhan kita Yesus Kristus, Sang Juru Selamat dunia. Masa yang menandai pembukaan tahun baru liturgi Gereja, yakni tahun C, memiliki dimensi ganda untuk direfleksikan.

Pertama, masa adven mengundang kita untuk merenungkan kesediaan Allah menjadi Manusia dan tinggal di antara kita (bdk. Yoh 1: 14), yang kita kenal dengan peristiwa inkarnasi Sang Sabda. Tuhan yang begitu agung dan mulia berkenan mengosongkan Diri, mengambil rupa seorang hamba, serta menjadi sama dengan manusia, kecuali dalam hal dosa (bdk. Flp 2: 7). Pengosongan Diri Allah inilah yang secara definitif terwahyukan kepada dunia dalam Yesus Kristus. Konsekuensi dari pengosongan itu, tema ketaatan menjadi sangat sentral. Ketaatan Kristus tidak hanya terangkum pada kesediaan-Nya untuk menjadi manusia, meski Ia adalah Allah itu sendiri; namun ketaatan itu terwujud dengan kesediaan-Nya wafat di salib untuk keselamatan manusia. Ketaatan Kristus menjadi Manusia dan ketaatan-Nya pada Bapa hingga pada peristiwa salib mengarahkan hati kita terhadap karya Allah yang solider dengan manusia. Solidaritas Allah itu terwujud pada solidaritas Kristus yang hadir di tengah dunia. Allah dalam Kristus solider dengan manusia yang berdosa. Atas dasar ini, inkarnasi Allah menjadi Manusia tidak hanya terletak pada kesediaan Kristus yang mengenakan kemanusiaan, namun juga menunjuk pada tindakan solidaritas menuju keselamatan.

 

 Kedua, tindakan solider Allah yang mengenakan kodrat kemanusiaan dalam Kristus, dan menguduskan kodrat itu dalam karya pengudusan, menginspirasi kita sebagai Gereja. Kita dipanggil untuk bersolider bagi dunia sekarang yang membutuhkan kesaksian hidup. Dalam hal ini, kita menanggapi panggilan menjadi “garam dan terang dunia” (bdk. Mat 5: 13-14). Sebagai Gereja, kita diundang untuk menyatukan hati terhadap keprihatinan dunia saat ini berhadapan dengan krisis kesehatan yang memengaruhi pelbagai aspek kehidupan. Semangat solidaritas bagi yang membutuhkan mendorong kita untuk peka terhadap kebutuhan mereka, yang mungkin karena krisis kesehatan ini, sangat membutuhkan uluran tangan dan hati kita. Namun, sebagai Gereja di mana Kristus adalah Sang Kepala, kita pun hendaknya tetap terus menjaga kesatuan dengan-Nya; sebab dari-Nya mengalirlah cinta yang mengajari kita untuk semakin bersolider. Kesatuan dengan Kristus dapat terjadi jika kita meneguhkan pengenalan terhadap-Nya dari Kitab Suci. Santo Hironimus (347-419) mengatakan: “Tidak mengenal Kitab Suci berarti tidak mengenal Kristus”. Seruan ini ingin menekankan bahwa dari Kitab Suci, kita dapat belajar dan memperdalam iman kita kepada Kristus. Semoga pada masa Adven ini pun kita semakin dekat dengan Kitab Suci. Dengan demikian, harapannya adalah bahwa kasih yang diajarkan Kristus semakin mendorong kita untuk menjadi saksi karya Ilahi-Nya yang bersolider bagi dunia.

Untuk “mengisi” masa ADVEN tersebut, paroki menawarkan pelbagai kegiatan:

  1. BERDOA DALAM PERAYAAN EKARISTI DENGAN TETAP MEMPERHATIKAN PROTOKOL KESEHATAN.
  2. BERSAMA TEAM BIDANG PEWARTAAN MENGADAKAN KATEKESE DAN PENDALAMAN IMAN.
  3. MENGADAKAN AKSI SOSIAL NATAL UNTUK MENGUNGKAPKAN SOLIDARITAS KITA SATU SAMA LAIN.

 

Selamat memasuki dan menjalani masa Adven yang penuh dengan rahmat. Tuhan memberkati Anda sekalian. Amin.

 

Palembang, 25 November 2021

Teriring salam kasih dan doaku

 

Rm. Yohanes Harry Subekti, SCJ     

Pastor Kepala Paroki St. Petrus

 

 

 

JADWAL PERAYAAN NATAL 2021 & UMAT LINGKUNGAN YANG HADIR

 

 

Ytk. Warga Paroki St. Petrus dan simpatisan

Dengan ini Romo sampaikan jadwal Natal serta warga lingkungan yang hadir dalam Misa Natal 2021:

Nb.

Sangat diharapkan seluruh warga Paroki dan simpatisan memperhatikan hak dan kewajiban untuk Misa Natal mengikuti sesuai jadwal diatas.

 

 

Kepada Yth. Warga Paroki Santo Petrus dan simpatisan

SALAM SEHAT

Pandemi Covid 19 sampai sekarang ini masih berlangsung, dan sulit diprediksi kapan berakhirnya. Kita bersyukur bahwa pendampingan Tuhan selalu kita rasakan. Kita pun bersyukur bahwa kita mempunyai Pedoman Protokol Kesehatan untuk menyikapi hal tersebut. Berdasarkan:

1. Surat Edaran DPP Paroki Santo Petrus Keuskupan Agung Palembang no: 007/ DPP. ST. P. P 1. III/ 2021 tentang PANDUAN KEGIATAN KEROHANIAN UMAT KATOLIK PAROKI SANTO PETRUS PALEMBANG SELAMA MASA PANDEMI COVID 19.

2. Surat Gembala dari Pastor Kepala Paroki no: 050/ Sto. Pet/ PLG IV/ 21

3. Surat Edaran Keuskupan Agung Palembang no : 140/ Dio Kapal/ V/ 2021, hal: EDARAN

4. Hasil Rapat wakil-wakil umat Paroki Santo Petrus Palembang tanggal 05 Mei 2021 di Pendopo Gereja, dengan ini kami sampaikan beberapa hal:

a. Kita semua dalam keadaan ”ekstra ordinary” dalam menyikapi covid 19 maka semua dituntut WASPADA dan BIJAKSANA.

b. Selama bulan Mei 2021 semua warga paroki WAJIB mengikuti MISA KUDUS di Paroki Santo Petrus, secara Live Streaming dengan jadwal Misa Sabtu, pukul 18.00 dan Minggu pukul 09.00 Wib.

c. Petugas Liturgi paling banyak 10 (sepuluh) orang. Petugas tetap WAJIB mengikuti protokol kesehatan.

d. Kegiatan Kerja Bakti dan kegiatan lain di areal gereja yang memungkinkan terjadi kerumunan DITIADAKAN.

e. Kegiatan jaga gereja berjalan seperti biasa, dengan mempedomani Protokol Kesehatan.

Para saudara terkasih, Kita tidak sendirian. Mari menyikapi semua ini dengan mengundang dan mengajak Tuhan dalam setiap nafas kehidupan.. Mari saling mendukung demi keselamatan semua orang. Palembang, 06 Mei 2021 Teriring salam kasih dan doaku

 

Rm. Yohanes Harry Subekti, SCJ

Pastor Kepala Paroki St. Petrus

 

Berikut surat lampiran dari Keuskupan Agung Palembang

Kepada Ytk.

Ketua dan Pengurus Lingkungan/ Basis dan seluruh umat Allah yang terkasih Paroki St. Petrus Palembang di tempat

Salam Damai Kristus dan Salam Sehat,

Perkenankanlah romo menyampaikan beberapa informasi seputar situasi Paroki kita tercinta ini:

  1. Memandang situasi nasional dan lokal serta komitmen kita untuk mendukung gerakan Pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID19, kita memutuskan untuk memperpanjang pembatasan pelayanan tatap-muka hingga akhir Agustus 2021.
  2. Misa Mingguan kita rayakan dari rumah masing-masing via kanal YouTube “Paroki Santo Petrus Palembang” pada hari Sabtu pk. 18.00 dan Minggu pk. 09.00.
  3. Misa Harian dilayani lewat kanal YouTube “Romo Koko” dan Zoom Meeting yang aksesnya dapat Anda minta pada seksi Liturgi lingkungan. Misa Harian Senin s.d. Jumat pk. 18.15. Khusus hari Sabtu, misa harian dirayakan pk. 06.00 pagi.
  4. Pelayanan yang tak dapat ditundakan adalah pemberkatan pengantin, sakramen pengurapan miyak suci bagi yang menjelang ajal, pemberkatan jenazah, dan pelayanan konseling dalam situasi khusus. Para romo akan melayani sedapat mungkin setelah mendapat konsultasi dari Satgas COVID19 Paroki dan setelah yakin bahwa prokes ketat dapat dijaga baik. Jangan ragu untuk menghubungi Ketua Lingkungan bila Anda membutuhkan pelayanan ini.
  5. Intensi misa untuk pelbagai kepentingan dapat dimintakan pada WA Sekretariat Paroki (Ibu Titin) di 0857-4317-6880 atau diantar langsung ke Sekretariat Paroki. Intensi untuk misa harian juga dapat dimintakan dengan menghubungi nomor yang sama.
  6. Karena biaya operasional pelayanan Paroki tetap berjalan, maka kami sangat mengharapkan inisiatif Pengurus Lingkungan untuk mendorong umat semua mengumpulkan kolektenya secara sistematis. Bagi yang tergerak untuk transfer, dapat menggunakan rekening Paroki kita yang baru untuk kolekte: BCA KCP Kenten – no. 15.11.77.77.00 – an. Paroki St Petrus Palembang. Berilah keterangan: kolekte. Romo menghaturkan banyak terimakasih pada umat yang setia mempersembahkan kasih dan hatinya pada Tuhan.
  7. Juga rasa syukur kami haturkan pada para donatur pembangunan Gereja. Sampai saat ini terkumpul Rp. 97.044.027 dari 272.000.000 yang dibutuhkan. Berkat Tuhan menyertai keluarga para donatur semua. Juga terimakasih romo pada team Jager dan team Pembangunan yang bahu-membahu setia mengerjakan kanopi samping Pastoran yang 85% selesai dan taman baru Santo Mikael yang makin mempercantik Gereja kita. Perbaikan kubah Gereja kita yang bocor juga hampir selesai. Semoga kita tidak kuatir ketika hujan saat misa kudus. Setelah kanopi dan taman Santo Mikael 100% jadi, kita akan meneruskan pembangunan gudang paroki dan pelepasan keramik yang sudah runtuh di dinding Gereja. Mohon doa dan dukungan umat semua. Bila Anda hendak menyumbang, dapat menggunakan rekening Team Pembangunan Paroki: BCA KCP Kenten – no. 15.11.17.77.70 – an. Paroki St Petrus Palembang PEM. Sekali lagi terimakasih untuk cintamu.
  8. Gerakan solidaritas Lingkungan dan Basis bagi keluarga Katolik yang terpapar COVID19 harus romo apresiasi sebesar-besarnya. Banyak lingkungan telah mewujud-nyatakan cinta mereka dengan mengirim logistik, menyediakan pondokan isolasi, meneguhkan dan mendoakan saudari/a kita yang terpapar. Bila dirasakan bahwa kas Lingkungan sudah ‘berat’ untuk gerakan cinta kasih ini, jangan takut bercerita pada Romo. Bila ada kesulitan tentang tempat isolasi, jangan ragu untuk menghubungi keluarga Pastoran – dalam hal ini Rm. Albertus Joni scj (0812-8878-0033).Romo Joni akan mengusahakan sebisa mungkin untuk mencarikan tempat isolasi dalam kerjasama dengan DPP dan Satgas COVID19. Kita akan upayakan semua cara agar mereka yang terpapar tetap merasakan kasih dan dukungan kita.
  9. Romo juga ingin berterimakasih pada Anda semua yang telah berbaik hati membantu Aksi Kasih Kamisan ibu-ibu WKRI dalam rupa pemberian nasi bungkus gratis. Ini saatnya Gereja menjadi juga rumah bagi semua orang.
  10. Apresisasi romo juga diberikan pada team multimedia Paroki di bawah komando Bung Aryo Mahir dan OMK St. Petrus yang luar biasa. Pelayanan mereka selama masa pandemi ini sangat vital dan ke depan kita akan mengembangkan pelayanan KomSos ini secara lebih baik di bawah koordinasi Bung Cahya Pamungkas. Kita akan meng-agenda-kan pertemuan rutin virtual per lingkungan pada bulan Agustus ini. Romo berharap kita tetap dapat berwawan hati walau jarak memisahkan kita; khususnya romo rindu menyapa keluarga-keluarga muda dengan anak-anak kecil yang selama ini terhalang datang secara fisik karena pembatasan prokes.
  11. Vaksin Pemerintah yang gratis hadir dengan berlimpah. Ini satu-satunya jalan menuju kekebalan kelompok dan jalan keluar dari pandemi. Bila fisik Anda sehat dan baik, carilah vaksin dengan semua cara yang ada.

Demikianlah surat cinta ini romo tuliskan. Romo mendoakan kesehatan kita semua. Ibu Maria – pelindung semua anak Tuhan yang mencintai Gereja – mendoakan kita semua. Tuhan memberkati Anda dan keluarga sekalian. Terimakasih.

Hormat kami, Rm. Y. Harry Subekti, s.c.j.

Pastor Kepala Paroki St. Petrus Palembang

Dihimbau kepada seluruh umat Paroki Santo Petrus Palembang untuk mengikuti prokotol kesehatan di dalam menjalankan aktivitas hariannya. Sebisa mungkin mengurangi kegiatan berkerumun untuk keperluan yang tidak penting. Semoga kita sehat semua, Tuhan Memberkati.

Style Selector

Layout Style

Predefined Colors

Background Image