Tema BKSN (Bulan Kitab Suci Nasional) 2021

Bulan Kitab Suci Nasional 2021

Setiap tahunnya pada bulan September tentunya umat katolik  di seluruh dunia memiliki kekhasan untuk melakukan kegiatan yang sudah tak jarang kita ketahui  yakni, memperingati bulan kitab suci nasional.Tentunya tema yang diangkat pada BKSN tahun ini, merangkum mengenai kondisi dan keadaan kita semua dalam cobaan dunia, dengan wabah yang tak kunjung usai.

 

TEMA BKSN 2021

Tema yang diangkat pada BKSN tahun ini yaitu “Yesus Sahabat Seperjalanan Kita.” Masih dengan situasi dan kondisi yang sama, tema ini di angkat dengan mengaitkan wabah Covid-19 yang masih bergejolak tinggi di dunia, khususnya Indonesia.

 Parokijetis.com-Ini merupakan tema khusus, sebab pandemi telah membuat Pertemuan Nasional (Pernas) LBI tahun 2020 tertunda, sehingga tema empat tahunan bagi BKSN yang biasanya sudah ditetapkan sampai sekarang belum bisa dibicarakan bersama.Melalui rapat daring tanggal 23 Oktober 2020 yang dihadiri oleh Uskup Delegatus LBI, Pengurus Harian LBI, Penghubung Regio, Delegatus Kitab Suci, dan sejumlah narasumber, tema ini akhirnya disepakati karena dipandang aktual, relevan, dan selaras dengan kondisi yang kita hadapi sekarang.

 

ULASAN BKSN 2021

Keadaan dunia pada saat ini, menjadi semakin krisis dengan adanya wabah covid -19 ini. Tentunya kita semua sudah banyak mengetahui bahwa penyakit ini bukan merupakan penyakit semata-mata yang  dapat diremehkan ataupun dihiraukan. Sudah banyak dampak yang mengakibatkan penurunan ekosistem, kehancuran ekonomi, penghambat aktivitas sosial, budaya dan keagamaan .

Dengan maraknya wabah ini, tentunya banyak sekali korban jiwa yang diakibatkan oleh virus covid-19 ini. Dengan adanya berita tersebut  pemerintah memberikan banyak sekali panduan sistematis terkait  pencegahan wabah ini, yang  mewajibkan kita unntuk tetap jaga jarak dengan teman, tetangga, dan  keluarga terdekat.

Kebimbangan tentunya melanda hati kita semua, mengenai kejelasan hidup kita. kita sebagai orang beriman memiliki Allah yang selalu menemani kita, baik dengan keadaan kita seperti apa dan kondisi kita yang seburuk apa. Yesus menjadi sahabat kita semua dalam pandemi ini, ia hadir bukan secara fisik, namun ia senantiasa menenemani dalam perjalanan kita selama ini

 

UCAPAN TERIMA KASIH

LBI mengucapkan terima kasih kepada R.P. Albertus Purnomo OFM yang telah menyusun Gagasan Pendukung untuk BKSN tahun ini, kepada Komisi Kerasulan Kitab Suci (K3S) Keuskupan Agung Jakarta yang telah menyusun bahan pendalaman Kitab Suci untuk kelompok-kelompok, serta kepada R.P. Fery Kurniawan OFM yang kembali membuat poster BKSN yang sangat menyentuh dan indah.

Mengingat pandemi masih berlangsung hingga sekarang, kegiatan-kegiatan dalam rangka BKSN hendaknya dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, dan dengan memprioritaskan pertemuan-pertemuan secara daring.

Akhir kata, dengan bersama-sama merenungkan tema Yesus Sahabat Seperjalanan Kita, semoga kita sekalian diteguhkan, dikuatkan, dan dimampukan dalam menjalani saat-saat yang berat ini. Tuhan memberkati kita semua. –Lembaga Biblika Indonesia.

 

 

Unduh Buku Pedoman Bulan kitab Suci Nasional (BKSN) 2021

https://drive.google.com/file/d/17QaINM17BXqOJOLXbZ_dj-_wo5xeILh6/view?usp=sharing 

 

 

 

Style Selector

Layout Style

Predefined Colors

Background Image