WARTA PAROKI - 29 Januari 2023

 

Warta Paroki

Santo Petrus Palembang

 

"BAHAGIA DALAM KESEDERHANAAN"

 

Seorang pemuda bertemu dengan teman-temannya. Dalam pembicaraan itu, ia dengan bangga memamerkan bahwa dia baru saja membeli helm terbaik. Sambil menunjukkan foto helmnya, ia menyebutkan harganya yang mahal. Banyak temannya yang memuji dia dan membuatnya merasa senang. Namun, ada satu temannya yang tiba tiba berkomentar singkat, “Katanya, di parkiran ini sering terjadi aksi maling helm lho. Beberapa waktu lalu, temanku kehilangan helm terbaiknya.” Mendengar komentar itu, sang pemuda itu tiba-tiba menjadi gelisah. Naasnya, ketika hendak pulang, helm kebanggaannya hilang. Sedihlah dia.

Pada hari ini, kita mendengarkan injil tentang Sabda Bahagia. Dalam sabda bahagia, Yesus menyampaikan bahwa mereka yang berbahagia adalah mereka yang mengandalkan Tuhan dalam hidupnya, bukan mereka yang mengandalkan atau membanggakan kekayaan dan kekuatannya sendiri. Dalam kelemahan dan bahkan dalam keterbatasan, para murid justru diingatkan untuk semakin mengandalkan kekuatan Tuhan. Kesederhanaan hidup akan memberikan kebahagiaan dan membiarkan keagungan Tuhan semakin tampak.

Sebagai pengikut Kristus, seringkali kita jatuh dalam godaan untuk mengandalkan dan mengedepankan kekayaan dan  kekuatan material kita sendiri. Padahal, di lain sisi, kekayaan material bisa saja malah membuat kita gelisah dan cemas. Sabda Bahagia hari ini mengingatkan kita untuk semakin berani sederhana dan mengandalkan Tuhan dalam hidup kita

 

Rm. Marius, SCJ

Style Selector

Layout Style

Predefined Colors

Background Image