Perikope/ Kutipan BKSN 2021

Sebagai umat Katolik, kita menetapkan bulan September sebagai Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN). Menjadi bulan khusus bagi kita untuk semakin menghayati dan mengakrabkan diri dengan kitab suci.

Dan kini, kita sudah tak terasa sudahmenjalani dan memasuki masa pertengahan BKSN dan hamir saja menuju akhir di bulan penuh rahmat ini. Banyak kegiatan yang sudah dibuat untuk mengisi bulan kitab suci ini, dengan contohnya  dapat kalian saksikan setiap selasa di akun youtube paroki santo petrus palembang.

Memang masa covid-19 seperti ini, kita lebih diajak untuk harus bisa aktif dengan berbagai macam cara. Tahun ini menjadi tahun yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal ini yang menjadikan pengalaman sukacita dari kitab suci mesti beringan dengan fakta bahwa kita juga mesti menghadapai banyak pengalaman yang sangat menyulitkan ini .

Situasi seperti ini, kita sebagai manusia banyak sekali dapat mengambi pelajaran, baik itu dari segi kemanusiaan dan kepripadiaan kita sebagai umat beriman. Dengan contoh, banyak sudah teman-teman kita terkena PHK dan berkesulitan sekolah akbitan pandemi ini, bahkan yang lebih parah sampai meninggal dunia.

Dalam halnya, terdapat beberapa perikope kitab suci yang tersampaikan dalam BKSN kali ini. Disini kita diajak melalui kitab suci melihat, berfikir dan berfleksi tentang beberapa hal.

Pertama kita diajak untuk lebih menghayati peran Yesus kristus dalam mengajak para muridnya untuk bertolak ke tempat yang lebih dalam. Dan dalam hal ini, Tuhan lebih mengajak kita untuk memperhatikan situasi pandemi ini tidak hanya dipermukaan, tetapi kita baiknya secara lebih mendalam. Menjadi tantangan kita , untuk lebih mengalah pada diri sendiri dalam menghadapi kesulitan ini. Tidak hanya berkeluh kesah atau menyalahkan berbagai pihak maupun kedaan yang sedang susah ini.

Kedua, telah banyak usaha dan kerjasama maupun solidaritas yang kita bangun harus memiliki dasar. Firman Yesus, menjadi landasan dan dasar dari semua itu sebagai pegangan kita terutama dalam masa-masa sulit seperti sekarang ini. Hal ini berakibat pada kekhasan kita sebagai umat katolik dalam berinteraksi lebih dalam bersama Yesus Kristus.

Ketiga, Paus Fransiskus telah menyatakan dalam khotbahnya, bahwa solidaritas dan persaudaraan amat dibutuhkan dimasa-masa sulit ini. Dengan itu, perlu memantapakan ini secara bersama, guna menemukan jalan mengatasi pandemi covid yang tak berkesudahan ini.

Dari berbagai perikope diatas, dapat kita simpulkan bahwa pada BKSN tahun ini, kita lebih diajak untuk lebih meningkatkan sikap kebersamaan kepada sesama kita. Selain itu, kita juga perlu memantapkan sikap pantang menyerah, memupuk kerja sama, dan solidaritas.

 Akhirnya, sesuai dengan tema kitab suci nasional tahun ini unutk terus menyadaai bahwa Yesus adalah teman seperjalanan kita. Yesus ada bersama kita dan terus setia mengirinigi kita dalam firman-firman suci nya. Sabda-Nya menjadi inspirasi kita untuk mencari banyak solusi ditengah masa sulit akibat bencana pandemi Covid-19

 

Style Selector

Layout Style

Predefined Colors

Background Image