RENUNGAN SINGKAT - Kamis, 23 Juni 2022

RENUNGAN SINGKAT

"Namanya adalah Yohanes"

 

Selamat berjumpa kembali dalam renungan singkat Paroki Santo Petrus Palembang.

“Namanya adalah Yohanes.” Luk 1:57-66.80

Kutipan yang sangat memberikan kejutan bahwasannya anak Elisabeth yang kerap di namai Yohanes.

Mari kembali kepada isi bacaan Injil pada hari ini, tentu jika ingin diumpamakan siapakah yang diantara kita, sejak kecil sudah diberikan kepastian akan kebahagiaan dan kesuksesan oleh orang terdekat kita, orang tua, saudara, dan lainnya tentu memiliki kepercayaan tinggi dan positif untuk berharap bahwa kita selalu menjadi yang terbaik. Hal ini kerap menjadi sebuah dambaan untuk kita selalu menghasilkan value yang maksimal dan kerap sekali ditemukan menjadi beban hidup jika tidak memiliki support yang seimbang.  Tentu nama “Yohanes” sejak kecil sudah diberikan suatu kepercayaan oleh orang banyak, dan apakah itu beban baginya ?

Tentu seperti pada kutipan berikut ini “ ketika tetangga-tetangganya serta sanak saudaranya mendegar, bahwa Tuhan telah menunjukkan rahmat-Nya yang begitu besar kepada-Nya, bersukacitalah mereka bersama-sama dengan dia.” – Lukas 1:58.

Yohanes dalam kehidupannya kedepan, akan menjadi sosok penuntun bagi mereka yang kehilangan jalan, ia akan tumbuh dalam Iman dan terus berserah kepada Allah. Dengan pembuktian ini, Yohanes menganggap yang diberikan Tuhan kepadanya merupakan karunia perantara Allah untuk mewartakan kebaikan untuk seluruh manusia, dan bukan merupakan beban yang tertanam sejak ia diberi julukan “Yohanes.”

Kita percaya dengan tuntuan Allah kita sebagai manusia hanya dapat bergerak dan menyesuaikan seturut jalan-Nya. Tuhan selalu menyertai dalam kehidupan kita, dialah alpha dan omega, awal dan akhir bagi segala kehidupan. Dengan ini juga harapan kita untuk terus memberikan kesan baik, akankah terus kita lakukan ?