RENUNGAN SINGKAT - Senin, 6 Juni 2022

RENUNGAN SINGKAT

“Inilah Ibumu”

-Yoh 19:25-34

 

Selamat datang kembali dalam renungan singkat Paroki Santo Petrus Palembang. Hari ini, Injil yang diangkat untuk mengenang kisah Yesus Kristus yakni peran Bunda Maria sebagai Ibu Yesus, dalam memberikan kasih-Nya kepada anak-Nya, pada perann-Nya untuk menyelamatkan dunia.

Tentu yang kita ketahui, Bunda Maria  sebagai bunda gereja yang dalam perannya sebagai Hawa yang baru. Beda halnya, dengan hawa yang pertama Tuhan ciptakan yang takluk dengan godaan Iblis dan menjadi sumber akan dosa asal bagi seluruh umat manusia. Namun jika ingin kita kaitkan, keturunannya, yakni Yesus sendiri, merupakan seorang Mesias yang menjadi sumber penyelamatan bagi umat manusia.

Dalam bacaan injil pada hari ini, Tuhan menyebut Bunda Maria sebagai gynai (perempuan dalam Bahasa Yuanani). Hal ini berbicara mengenai ketaatan Bunda Maria dalam ketaatan Bunda Maria. Hal yang menjadi kesinambungan dengan kisah yang dapat kita pararelkan dengan kejadian “Ikatan ketidakataan Hawa pertama dengan ketaatan Maria.”

Dan kita sebagai anggota gereja, Maria menjadi bunda kita yang sudah selayaknya kita hormati dan menerima Bunda Maria sebagai Bunda Kudus. Tak heran juga, dengan berdevosi juga kita memohon pertolongan-Nya agar rahmat kehidupan dari Tuhan Yesus senantiasa kepada kita melalui Bunda Maria.