RENUNGAN SINGKAT - Selasa, 12 Juli 2022

 

RENUNGAN SINGKAT 

"Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih Ringan daripada tanggunganmu"

 

 

Selamat datang kembali di renungan singakt Paroki Santo Petrus Palembang.

Semoga kabar saudara/I semua dalam keadaan baik dan sehat dengan semangat Cinta Kasih Allah. Saudara/I semua, bacaan Injil hari ini mengacu pada perbuatan Yesus yang memberikan muzizat kepada banyak kota, yang pada kenyataanya Yesus ingin memberikan kabar baik serta bukti cinta-Nya kepada kota itu, namun ternyata kota yang pada implikasi merupakan kota pendosa, tetap tak ingin bertobat.

Dibalik dari kisah ini, banyak peristiwa yang mengaitkan hal ini dengan kehidupan kita sehari-hari. Sudah terpampang nyata bagi kita manusia, bahwa dosa adalah ikhtisar buruk bagi kehidupan. Manusia kerap sekali berbuat dan melakukan hal yang tidak baik, dan menjadi dosa yang yang disengaja maupun tidak.

Pertanyaanya, kita yang sering berbuat  dosa apakah sudah melakukan pertobatan ?

Ya atau tidak merupakan jawaban khusus pribadi saudara/I masing-masing. Gereja katolik memberikan kemudahan untuk melakukan sakramen pertobatan setiap paskah dan natal. Dan apakah hal ini konsisten dengan keyakinan kita untuk tidak berbuat dosa lagi ?

Dalam Injil hari ini, inti nyata bahwa Allah mengasihi umat manusia, ia berkhendak bahwa  akan menolong siapapun yang berserah kepada-Nya, mohon ampun kepada-Nya dan merelakan hidup kita kepada-Nya.

Dengan hal ini, kita benar-benar diajak untuk menguatkan tekad dan hari untuk dapat melakukan pertobatan secara ikhlas dan rela akan konsekuensinya. Sehingga kita dapat berjalan bersama dalam lajur cinta kasih Allah