KISAH PASTOR VALENTINUS HINGGA MATI DIPENGGAL

 KISAH PASTOR VALENTINUS

HINGGA MATI DIPENGGAL

 

Pada masa Kerajaan Romawi, Claudius II yang bertahkta sebagai pemimpin pada saat itu, memiliki peranan dalam pengalihan kekuasaan dan keberagaman. Ia meyakini bahwa kelemahan terbesar  pada tentara  Romawi ialah kebelaskasihan akan keluarga. Dan dengan itu juga, Claudius II membuat suatu dekrit yang berisikan larangan menikah bagi setiap tentara romawi.

Tentu keputusan ini membuat banyak sekali perdebatan dan keresahan, dan dengan kegelesihan mereka mengikuti aturan yang telah ditentukan. Terkecuali pastor Valentinus, ia bersikeras menentang aturan yang telah ditetapkan oleh Claudius, dikarenakan hal seperti ini merupakan aksi tak berperikemanusiaan dan tak adil.  

Sang pemuka agama tersebut, menganggap semua hal yang telah dilakukan tentara romawi kepada bangsanya memiliki efek timbal balik yang cukup baik. Oleh karena itu, Pastor Valentinus masih memberikan kesempatan untuk memberikan sakramen perkawinan secara diam-diam.

Namun aksi pastor Valentinus kunjung usai, dikarenakan terbongkar oleh kaisar Claudius II. Dan dengan itu Pastor Valentiunus ditangkap dan diberikan hukuman penjara dan hukuman mati. Melansir dari History, Rabu (14/2/2018), Valentinus ditangkap dan diseret hingga ke Prefek Romawi yang menjatuhkan hukuman mati dengan cara dipukuli dan kepalanya dipenggal.

Dan dibalik kisah penangkapan ini, Pastor Valentinus menyisipakan suatu pesan kepada teman tahanan pada saat ia dipenjara  dengan dibubuhi tulisan “Valentinus-Mu.”

Sejumlah cerita pun bermunculan, dikarenakan kematian Pastor Valentinus berpapasan dengan hari Romansa pada tanggal 14 Februari yang pada saat itu dikenal dengan Pesta festival Cinta pada kebudayaan pagan. Pesta tersebut dilakukan dengan memasukka nama-nama gadis yang nantinya akan dipasangkan dengan pria.

Gereja Katolik merayakan Hari Santo Valentinus sejak 496 hingga secara resmi diakhiri 1969. Akan tetapi, sejumlah Paroki masih merayakan Hari Santo Valentinus meski tidak banyak. Hari ini, 14 Februari menjadi hari di mana orang-orang saling berbagi pesan cinta dan hadiah bagi orang-orang yang dikasihinya.

Style Selector

Layout Style

Predefined Colors

Background Image